Basket SD Marsudirini

Latar Belakang 

Salah satu wadah pembinaan siswa di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan kegiatan yang diadakan dalam kegiatan ekstrakurikuler didasari atas tujuan dari pada kurikulum sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam peserta didik dapat mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan. 
Namun seperti kegiatan formal lainnya, ekstrakurikuler yang berada dibawah naungan suatu badan dan instansi atau pun bentuk lainnya. Dalam hal ini adalah kegiatan ekstrakurikuler yang berada dalam ruang lingkup sekolah, maka kegiatan ekstrakurikuler memerlukan rencana program kerja yang akan dijadikan para anggotanya untuk menjalankan kegiatan-kegiatannya. 

Pengertian 

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum. Kegiatan ekstrakurikuler sangat berguna untuk pengembangan hobi peserta didik. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pada setiap sekolah di harapkan dapat menjadi wadah untuk penyaluran energi para peserta didik dan jenis kegiatan pun sangat beragam baik itu olahraga kesenian keterampilan. 

Maksud dan Tujuan 

Berkaitan dengan hal tersebut di atas kami dari pengurus ekstrakurikuler basket bermaksud untuk menetapkan sasaran serta langkah-langkah dalam mewujudkan kegiatan olahraga ini 
Tujuan dari rencana program kerja kegiatan ini adalah sebagai acuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang basket

Target Kegiatan 
Target dari kegiatan ini adalah mengembangkan bakat peserta didik dan mengharumkan nama sekolah dengan mengikuti kompetisi antar pelajar tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi.

RENCANA PROGRAM KERJA

Rencana Program Kerja Jangka Pendek 
Setelah berjalan sekian lama ekstrakurikuler basket hingga saat ini masih tetap berjalan, ini berkat adanya kerjasama antara sekolah guru pengurus ekstrakurikuler basket dan pelatih basket. 
Adapun rencana kegiatan jangka pendek ini meliputi: 
  1. memperkenalkan ekstrakurikuler basket pada peserta didik 
  2. mengajak peserta didik untuk ikut serta dalam kegiatan basket 
  3. sebagai wadah penyalur minat bakat dan hobi bagi peserta didik 
Rencana Program Jangka Panjang 
Dalam program jangka panjang ini di rencanakan akan melanjutkan program-program yang belum terlaksana pada periode sebelumnya dan yang akan di laksanakan pada periode saat ini hal itu di susun dalam bentuk program sebagai berikut, 
  1. Melaksanakan kegiatan fisik seperti melatih daya tahan tubuh, kelincahan, kekuatan, kecepatan dll.
  2. Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berguna untuk memperkokoh tali persaudaraan antar sekolah lain dan yang berkenan dengan pengembangan diri, contohnya sparing dengan sekolah-sekolah lain
  3. Mengikuti kegiatan kompetisi antar pelajar baik tingkat sekolah kabupaten maupun tingkat provinsi untuk mengharumkan nama sekolah.

Tidak ada komentar: