> DIBUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) UNTUK TAHUN PELAJARAN 2026-2027 , INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI WHATSAPP SEKOLAH 08112921157 >>> KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEGERA DIMULAI MINGGU DEPAN >>> SMCC (SAINT MARY'S CHILDREN CHOIR) MERAIH GOLD MEDAL DALAM LOMBA PADUAN SUARA TINGKAT INTERNASIONAL DI BALI>>> FOLLOW, LIKE DAN COMMENT AKUN MEDIA SOSIAL SD MARSUDIRINI >>> INSTAGRAM @SDMARSUDIRINIPEMUDA >>> TIKTOK @SDMARSUDIRINI "

Kurikulum

A.   KURIKULUM SD MARSUDIRINI

Kurikulum SD Marsudirini pada tahun pelajaran 2025/2026 menerapkan Kurikulum  dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Kurikulum ini dirancang untuk membantu murid - murid belajar dengan lebih menyenangkan, mendalam, dan bermakna. Murid  tidak hanya diajak mengetahui jawaban, tetapi juga memahami alasan, berpikir kritis, dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang disebut dengan pembelajaran mendalam (deep learning).

Kurikulum SD Marsudirini pada tahun pelajaran 2025/2026 ini menerapkan pendekatan mendalam yang memuliakan dengan menekankan pada penciptaan suasana belajar dan proses pembelajaran berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan melalui olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga secara holistik dan terpadu.

Dimensi profil lulusan merupakan fokus profil lulusan yang akan dicapai yaitu keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME, kewargaan, kreativitas, penalaran kritis, kolaborasi, kemandirian, kesehatan, dan komunikasi prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum. Adapun pengembangannya berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, berkarakter dan berbudi pekerti luhur dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Pada Kurikulum Merdeka peserta didik diharapkan mempunyai ketrampilan abad 21 yang diistilahkan 6C yaitu Communication, collaboration, Critical Thinking and Problem Solving , Creativity , character , Citizenship and Innovation. Penguasaan ketrampilan 6C ini sangat penting khususnya di abad 21, abad dimana dunia berkembang dengan cepat dan dinamis. Untuk mewujudkan ketrampilan 6C itu diantaranya yaitu dengan adanya Integrasi PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dalam pembelajaran, terutama 5 karakter yaitu religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas serta Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang tidak hanya sekedar membaca dan menulis melainkan mencakup ketrampilan berpikir menggunakan berbagai sumber baik cetak, visual, digital dan auditori.

Dalam penerapan Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2025/2026, pembelajaran di SD Marsudirini dilaksanakan melalui tiga bentuk kegiatan utama:

1.     Intrakurikuler merupakan Kegiatan yang dilakukan dalam jam pelajaran dan merupakan bagian inti dari kurikulum sekolah.

Pembelajaran intrakurikuler di SD Marsudirini dirancang agar lebih mendalam, bermakna, dan menyenangkan, serta disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan belajar anak.

2.     Kokurikuler merupakan Kegiatan pendukung pembelajaran intrakurikuler, bersifat penguatan materi atau pengayaan. Umumnya berupa penugasan atau proyek yang masih berkaitan dengan pelajaran.

Ekstrakurikuler merupakan Kegiatan di luar jam pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi siswa secara menyeluruh


 PENILAIAN

Dalam Kurikulum Merdeka, asesmen tidak hanya dilakukan saat ujian. Guru melakukan asesmen sepanjang proses pembelajaran untuk membantu anak belajar lebih baik.

Berikut dua jenis asesmen utama yang digunakan di SD Marsudirini

1.     Asesmen Formatif  yaitu asesmen yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik bagi  pendidik dan murid untuk memperbaiki proses belajar.

Asesmen formatif berupa:

a.      Asesmen di awal pembelajaran yang dilakukan untuk mengetahui kesiapan murid untuk mempelajari materi ajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang  direncanakan.

b.     Asesmen di dalam proses pembelajaran yang  dilakukan selama proses pembelajaran untuk mengetahui perkembangan murid dan sekaligus pemberian umpan balik yang  cepat.

 

2.     Asesmen Sumatif  yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian tujuan pembelajaran. Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, asesmen ini bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar murid sebagai dasar penentuan:

a. kenaikan kelas; dan

b. kelulusan dari satuan pendidikan.

Tujuan Utama Asesmen:

Bukan untuk menghakimi anak, tetapi untuk mendukung perkembangan belajarnya. Setiap anak unik, dan asesmen membantu guru memahami bagaimana cara terbaik untuk membimbing mereka.Penentuan kenaikan kelas dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian Peserta Didik pada semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler serta prestasi lain selama 1 (satu) tahun ajaran.


STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Standar Kompetensi Lulusan mencakup 8 (delapan) dimensi profil lulusan yang harus dikuasai pada akhir setiap jenjang pendidikan, yaitu:

a.      keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;

b.     kewargaan;

c.      penalaran kritis;

d.     kreativitas;

e.      kolaborasi;

f.       kemandirian;

g.     kesehatan; dan

h.     komunikasi



Tidak ada komentar: