> DIBUKA PPDB TAHUN PELAJARAN 2024-2025 , INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI WHATSAPP SEKOLAH 08112921157 >>> PENGUMUMAN KELAS VI DIADAKAN PADA 10 JUNI 2024 >>> SEPEKAN LAGI PANEN KARYA DAN TUTUP TAHUN

Kamis, 02 Maret 2023

Cegah Cacingan pada Anak, Siswa Siswi SD Marsudirini Minum Obat Cacing Bersama

Ibu Tanti Kepala Puskesmas Poncol sedang memberikan penyuluhan kepada murid SD Marsudirini


Puskesmas Poncol, Semarang mengadakan pemberian obat cacing pada siswa/I SD Marsudirini Jl. Pemuda (1/03/2023). Sebanyak 418 siswa/I SD Marsudirini dari kelas 1 sampai 6 minum obat cacing bersama-sama di sekolah yang diberikan untuk membebaskan dan menurunkan penyakit cacingan yang biasa menyerang balita dan anak-anak usia sekolah dasar.

Kegiatan ini dilakukan oleh Ibu Tanti sebagai kegiatan rutin tahunan  pada siswa/I SD Marsudirini.

"Program pemberian obat cacing ini rutin sebanyak 6 bulan sekali dilakukan di sekolah " Ungkap Ibu Tanti, Kepala Puskesmas Poncol

Sebelum melakukan kegiatan obat cacing bersama, diadakan penyuluhan yang diberikan dari Puskesmas Poncol di aula atas.

Penyebab cacingan pada anak-anak yaitu disebabkan oleh cacing parasit karena faktor lingkungan atau makanan yang kurang terjaga kebersihannya. Penyakit cacingan pada anak sering kali muncul dengan gejala nyeri perut, diare. Ciri-ciri anak yang terkena penyakit cacingan yaitu merasa gelisah saat tidur,  kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, dsb.

Beberapa upaya yang dilakukan bersama-sama untuk mencegah penyakit cacingan pada anak--anak di Poncol yaitu salah satunya pemberian obat cacing setiap 6 bulan sekali secara berkala, upaya lain yang dilakukan yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir, membiasakan mengganti pakaian setiap hari seperti sepulang sekolah atau setelah bermain, membersihkan kuku atau potong kuku secara rutin. (Jurnalistik SD Marsudirini)

 

Tidak ada komentar: