EKSTRAKURIKULER

PROFIL KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
SD MARSUDIRINI
Sekolah sebagai institusi pendidikan, sesungguhnya tidak hanya berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan siswa dalam hal-hal yang sifatnya akademis, tetapi juga berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam hal-hal yang sifatnya non-akademis. Pada tataran non-akademis inilah, sekolah harus memberikan tempat bagi tumbuh-kembangnya beragam bakat dan kreativitas. Hal itu bertujuan untuk menjadi siswa bukan hanya sebagai manusia yang memiliki kebebasan berkreasi, tetapi juga memiliki budi pekerti yang baik.
SD Marsudirini, sebagai lembaga pendidikan, menyadari pentingnya hal tersebut. Salah satu aktualisasinya adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) dengan tujuan pengembanganbakat, minat, serta kreativitas yang dimiliki siswa. Pada kegiatan ekskul inilah siswa diarahkan untuk dapat memahami dan mengembangkan bakat serta kemampuannya sehingga dapat menciptakan individu yang berkarakter dan mampu mengembangkan diri sesuai keminatannya.
Salah satu kelebihan sekolah-sekolah di lingkungan SD Marsudirini adalah jumlah kegiatan ekskulnya. Selain sebagai penunjang materi kurikulum, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menyalurkan bakat dan kreativitas siswa, sekaligus untuk mengisi waktu luang mereka. 

Bidang Keilmuan dan Keterampilan
Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menjawab pikiran kritis siswa (rasa keingintahuan siswa dalam bidang-bidang tertentu)
Bidang Kesenian
Kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan untuk menyalurkan bakat, minat, jiwa seni dan kreativitas
Bidang Olahraga
Kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan untuk mengembangkanhobi serta bakat yang dimiliki siswa, juga untuk mengukur kemampuan siswa di bidang olahraga.

Tempat pelaksanaan kegiatan ekskul, ada yang berada di lingkungan sekolah dan ada juga yang di luar sekolah. Nantinya kegiatan ekskul yang dilaksanakan di luar sekolah secara khusus adalah ekskul yang fasilitasnya tidak ada di sekolah.
Setiap kegiatan ekstrakurikuler dipandu pelatih dari luar SD Marsudirini dan pembimbing dari guru SD Marsudirini. Tugas pembimbing adalah membimbing, membina, dan mengevaluasi ekskul yang dibinanya serta melaporkan perkembangan siswa yang mengikuti kegiatan ekskul kepada wali kelas. Kegiatan ekskul secara praktis dilakukan oleh siswa dengan pengajaran dan pembimbingan oleh pelatih ekskul yang profesional dalam kebidangannya
Pada tahun Ajaran 2017-2018 sesuai dengan Kurikulum 2013, maka untuk siswa Kelas 1 dan 2 diwajibkan untuk mengikuti ekskul Pramuka dan diizinkan untuk mengikuti ekskul yang lainnya.. Kegiatan ekskul, diwajibkan pada setiap siswa kelas 3 sam 6 untuk mengikuti paling sedikit satu kegiatan ekstrakurikuler.
Berikut ini adalah deskripsi/profil singkat masing-masing kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SD Marsudirini

BIDANG KEILMUAN DAN KETERAMPILAN

Conversation / Bahasa Inggris
Conversation adalah kegiatan ektrakurikuler Bahasa Inggris yang bertujuan agar siswa dapat memperdalam keterampilan berbahasa Inggris, seperti reading, writing, speaking, dan listening. Kegiatan-kegiatan yang ada di ekskul ini adalah spelling bee, storytelling, menonton film Bahasa Inggris, speech, news reading, English drama, poem reading, dan lain-lain.
Salah satu contoh kegiatan yang pernah dilakukan adalah spelling Bee. Siswa diperlihatkan diperlihatkan film megenai Spelling Bee, kemudian siswa mempelajari teknik dalam kompetesi tersebut, seperti mempelajari kosa kata, arti kata, dan cara mengejanya. terakhir siswa mensimulasikan lomba spelling bee. Ekskul ini diharapkan dapat mewakili sekolah dalam lomba-lomba Bahasa Inggris tingkat sekolah, wilayah, Nasional, bahkan tingkat Internasional.

Pramuka
Pramuka (Praja Muda Karana) adalah ekstrakurikuler wajib untuk siswa kelas 1- 6 SD Marsudirini. Tingkatan untuk siswa kelas 1 - 4 adalah siaga dan untuk kelas 5 - 6 adalah penggalang. Setiap anggota pramuka Penggalang dikelompokkan dalam 1 regu yang terdiri atas 10 orang. Setiap regu memiliki pimpinan regu dan memiliki nama regu, biasanya regu laki-laki memakai nama hewan, regu perempuan memakai nama bunga.
Kegiatan pramuka Penggalang, yaitu tali-temali, sandi morse, semaphore, berkemah, yel-yel, penjelajahan, dan lain-lain. Dengan bimbingan pelatih yang professional, diharapkan siswa yang mengikuti ekskul ini dapat memiliki pengetahuan dan kemampuan mengenai kegiatan pramuka dan dapat mengikuti berbagai perlombaan dalam tingkat gugus depan, kwartir ranting, kwartir cabang, atau bahkan sampai kwartir Nasional.
 Jurnalistik
Jurnalistik merupakan kegiatan ektrakurikuler yang berada di SD Marsudirini Pemuda  Kegiatan ekskul ini dibimbing oleh pelatih yang berpengalaman bekerja sama dengan Suara Merdeka. Kegiatan jurnalistik ini meliputi mencari berita, mengolah berita, menyebarluaskan berita dalam kondisi yang sebenarnya. Selain itu ekskul jurnalistik juga membuat mading, bulletin, dan majalah. Kegiatan jurnalistik akan diperluas, yaitu berkunjung ke sebuah stasiun tv, koran sehingga peserta ekskul ini dapat mempelajari kegiatan jurnalistik yang terjadi disana.
Prestasi yang pernah dicapai ekskul ini adalah
Komputer
Komputer adalah salah satu ektrakurikuler yang diminati oleh siswa Marsudirini Siswa yang suka otak-atik menggunakan computer, cocok untuk mengikuti ekskul ini sehingga minat dan bakat siswa dapat tersalurkan. Kegiatan ekskul ini dibimbing oleh pelatih yang berpengalaman, sehingga diharapkan siswa dapat mengikuti dan meraih prestasi dari lomba yang diikuti.


BIDANG KESENIAN
Paduan Suara
Seni olah vocal yang dialunkan dengan merdu dan teratur dapat melahirkan rasa keindahan. Bernyanyi bersama-sama dalam beberapa suara yang dipadukan merupakan kegiatan yang dibimbing dalam ekskul paduan Suara SD Marsudirini 
Siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang senin suara dibimbing oleh pelatih yang professional sehingga diharapkan siswa mampu menyanyikan lagu dan memiliki penghayatan yang baik. Paduan Suara SD Marsudirini sering ditampilkan dalam berbagai kegiatan, seperti kegiatan upacara maupun peringatan hari besar nasional.

  • Free Style Dance
Free style dance adalah jenis tarian yang dikombinasikan dengan gerak tubuh yang tidak dibatasi dengan jenis tarian dan music tertentu. Ekstrakurikuler ini merupakan tarian yang dapat menggabungkan semua jenis tarian, bisa tari tradisonal, modern dance, jazzy, tango, salsa, dan lain sebagainya.
Ekskul ini yang tidak memerlukan latihan dan rencana ketika ingin tampil pada suatu acara, karena sang penari bisa mengembangkan jenis tari dan gerakan sesuai dengan alunan musik tertentu. Diharapkan dengan adanya ekskul ini bisa menambah kreatifitas dan inovasi dari para siswa yang mengikuti ekskul ini sehingga bisa tampil dalam acara di dalam maupun di luar Labschool.
  Lukis
Ekstrakurikuler Lukis adalah salah satu ekskul yang diminati oleh siswa SD Marsudirini. Siswa yang memiliki bakat dan minat dalam hal menggambar atau melukis sangat cocok untuk mengikuti ekskul ini. Dengan bimbingan pelatih yang berpengalaman, diharapkan siswa dapat mengikuti berbagai lomba dan berhasil membawa harum nama sekolah.


BIDANG OLAHRAGA
 Basket
Basket merupakan salah satu kegiatan ekskul di SD Marsudirini  yang paling banyak diminati. Pelatih yang berkompeten dan professional dalam membimbing siswa dalam melakukan latihan ekskul basket ini.
SD Marsudirini  memiliki lapangan basket indoor dan outdoor sehingga dalam pelaksanaan ekskul ini tidak dipengaruhi oleh cuaca. Melalui ekskul basket ini diharapkan SD Marsudirini  dapat menciptakan atlet yang dapat berprestasi dan membawa nama baik sekolah, baik di tingkat Nasional maupun Internasional.
Futsal
Futsal merupakan perkembangan dari olahraga sepak bola. Futsal sangat digemari oleh semua kalangan, yaitu dari muda sampai tua. Karena minat dan bakat siswa SD Marsudirini  yang cukup besar, Dengan adanya ekskul futsal ini diharapkan dapat tersalurkannya hobi para siswa terutama siswa laki-laki dan dapat juga membawa prestasi dalam berbagai kompetisi yang diikuti.

Taekwondo
Ekstrakurikuler taekwondo olahraga bela diri asal Korea yang berkembang sangat baik di Indonesia. Taekwondo merupakan senin bela diri gabungan dari teknik perkelahian, bela diri, olahraga, olah tubuh, hiburan dan filsafat.
Seni bela diri ini terdiri dari beberapa materi, yaitu rangkaian jurus, teknik pemecahan benda keras, dan pertarungan. Dengan bimbingan pelatih yang berpengalaman diharapkan siswa dapat melindungi dirinya sendiri, dapat mengikuti berbagai perlombaan dan dapat mengharumkan nama sekolah.
Prestasi yang pernah dicapai adalah:


Tidak ada komentar: