Sabtu, 17 Juli 2021

Berdialog Bareng Pak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah


Dok: Pemprov Jateng
Salam Marsudirinian!
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluangkan waktu menjadi narasumber pada acara Penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) “Idolaku Motivatorku” SD Marsudirini Pemuda Semarang, tepatnya Jumat, 16 Juli 2021. Sebenarnya agendanya Beliau hadir ditengah anak-anak dalam zoom pada hari Rabu bersama alumni SD Marsudirini tahun 1981. Namun karena padatnya acara Orang Nomor 1 Jawa Tengah mengisi pada hari Jumat.

Hari Jumat itu anak sudah tak sabar lagi menunggu di depan laptop, smartphone  masing-masing . Ibu Winarni mengawali berdialog dengan anak-anak agar situasi tenang sehingga berjalan dengan lancar. Kemudian acara tersebut diawali dengan doa. Selesai berdoa, anak-anak diajak untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia "Indonesia Raya" kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Marsudirini dan Visi SD Marsudirini. Anak-anak masih setia menunggu Bapak Ganjar di tengah-tengah mereka melalui zoomeeting. tidak lama kemudian, Bapak Ganjar hadir dan menyapa anak-anak. Anak-anak pun senang dan bangga disapa oleh Bapak Ganjar  dan mereka pun membalas sapaan tersebut. Senyumnya yang ramah, membuat anak-anak senang. Ibu Win sebagai MC, kemudian menyerahkan sepenuhnya acara kepada moderator yaitu Bapak Bowo.

Dalam acara ini mengalir dengan melakukan tanya jawab, antara siswa dan Bapak Ganjar . Bapak Ganjar meminta operator dengan menyalakan chat, dimana nantinya para siswa dapat menjawab ataupun bertanya di kolom komentar. Pertanyaan yang diajukan seputar Covid. Apa Covid itu? Bagaimana penularannya? room chat begitu ramai, dan Bapak Ganjar membaca jawaban anak-anak. "Ternyata anak-anak SD Marsudirini pinter-pinter dan hebat". 

Kemudian, Bapak Ganjar bertanya kepada anak-anak kembali, Apa cita-citamu? Room chat kembali ramai. Jawabannya ada yang menjadi polisi, dokter, tentara, gubernur, dokter hewan, youtuber, penyanyi, gamers. Bapak Ganjar tertuju jawaban yang menjawab cita-citanya sebagai penyanyi, lalu bertanya kepada siswi itu berkaitan dengan idola penyanyi, genre menyanyi, dan ditutup dengan menyanyikan lagu kesukaannya, yaitu lagu Sayang. Ketika dalam menyanyi tersebut Bapak Ganjar berjoget dikursinya dan memeragakan dalam penggalan syair 'memutih rambutku' . Lagi dan lagi room chat dibanjiri komentar kekaguman.

Sesi selanjutnya adalah Bapak Ganjar memberikan umpan kepada anak-anak, untuk bertanya. Kolom chat begitu ramai. Banyak sekali pertanyaan yang ditujukan ke Bapak Ganjar. Bapak Ganjar membaca satu persatu dan menjawabnya. Tiba-tiba di kolom komentar muncul "Ayahq korban PPKM" yang ditulis oleh Ichels kelas 3A. Kemudian, operator menyematkan pin ke Ichels supaya lebih fokus. Bapak Ganjar dan Ichels berdialog, dimana ayahnya adalah korban PPKM. Selesai berdialog dengan Ichels, bapak Ganjar berpesan kepada wali murid untuk saling membantu apa bila ada yang kesulitan dalam situasi ini. Dalam dialog antara Ichels dan Bapak Ganjar begitu viral ketika akun resmi Bapak Ganjar memposting video tersebut di Instagram, Facebook, dan Youtube.

Kegiatan ini baru pertama kali diadakan di SD Marsudirini Pemuda Semarang menghadirkan tokoh hebat di tengah anak-anak dalam MPLS tahun 2021 ini. Penyajiannya begitu berbeda, dan respon orang tua begitu baik. Ketika dilihat dari peserta yang hadir, hanya anak-anak dan guru saja, melainkan ada komite SD Marsudirini, Dinas Pendidikan, Alumni SD Marsudirini, dan orang tua murid ikut bergabung. 

Tidak ada komentar: