Kamis, 11 November 2021

Ziarah ke Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang


Salam Marsudirinian!

Semarang (11/11) Beberapa guru dan siswa berziarah ke Makam Mgr Soegijapranata, SJ  di TMP Giri Tunggal, Semarang. Tahun ini SD Marsudirini ingin memperinggati hari pahlawan dengan cara yang berbeda. Beberapa siswa diajak ke TMP Giri Tunggal  untuk mendoakan para pahlawan dan mengenang  jasa mereka. Tujuan berziarah diharapkan tumbuhnya sikap patriotisme siswa untuk melanjutkan tekad para pahlawan dalam meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Selain itu, melalui peringatan hari pahlawan para guru menanamkan nilai-nilai kepahlawanan dalam bentuk semangat pantang menyerah. Implementasinya dengan sikap menjunjung tinggi nilai solidaritas dan sportivitas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.   

Siswa dan guru tiba di TMP Giri Tunggal pada pukul 11.00 WIB, kemudian menuju ke Makam Mgr Soegijapranata SJ. Sesampainya di makam, siswa dan guru memanjatkan doa bersama.

Selama  ini siswa hanya mengerti sosok pahlawan dari materi pelajaran di kelas. Penjelasan tentang pahlawan adalah sosok pejuang yang berperang melawan penjajah untuk merebut kembali kemerdekaan. Maka untuk memperkuat pemahaman  mereka, maka anak-anak diajak kesini (TMP) untuk menyaksikan langsung bahwa pahlawan itu benar-benar ada. Kami, mengajak beberapa anak karena masih pandemi

Dalam kegiatan ziarah ke TMP, siswa-siswi SD Marsudirini diharapkan  mampu mengikuti jejak langkah para pahlawan. Dalam arti meneladani perjuangan mereka dan rela berkorban untuk Tanah Air. Konteksnya saat ini, perjuangan itu diwujudkan dalam sikap rajin belajar dalam meraih cita-cita yang luhur serta belajar menghargai hasil jerih payah para pejuang. 


Tidak ada komentar: