Jurnalis SD Marsudirini

 EKSTRAKURIKULER
JURNALISTIK
SD MARSUDIRINI

RASIONALISASI

Jurnalistik merupakan salah satu ekstrakurikuler di SD Marsudirini. Jurnalistik adalah proses penulisan dan penyebaran informasi berupa berita, feature, dan opini melalui media massa (sekolah). Media sekolah yang dapat dimanfaatkan dalam hal ini adalah mading, website, blog dan facebook (jurnalistik), serta majalah. Untuk itu, segala aktivitas jurnalis akan dipusatkan pada media-media tersebut.

Ekstrakurikuler ini dibentuk untuk mengasah kreativitas siswa khususnya di bidang penulisan dan fotografi. Seperti yang kita ketahui, di masa remaja ini, para siswa membutuhkan sarana yang bisa menunjang atau mendukung kreativitas mereka. Untuk itu, jurnalistik adalah salah satu ekstrakurikuler yang dapat menjadi “wadah” yang cocok untuk menampung hal tersebut.

Selain menjadi “wadah” kreativitas, kami harap jurnalistik dapat menjadi sarana pendidikan siswa khususnya di bidang karya tulis ilmiah, khususnya bidang kebahasaan kesastraan dan bidang fotografi. Karena di dalam jurnalistik, terdapat hal-hal tersebut yang terkandung di dalam kurikulum sekolah. Di ekstrakurikuler jurnalistik, banyak hal yang dapat dipelajari, seperti menyusun reportase, menulis berita, menulis feature, menulis artikel, fotografi, dll. Untuk itu, ekstrakurikuler ini dapat menjadi sarana pendidikan sehingga dapat meringankan beban guru yang mengajar di kelas. Selain yang disebutkan di atas, latar belakang dibentuknya ekstrakurikuler jurnalistik adalah sebagai wujud menumbuhkembangkan warga sekolah yang ilmiah, kreatif, dan inovatif. Selain hal tersebut jurnalistik juga sebagai media penyampaian pesan yang tentunya dikemas secara menyenangkan dalam produksi tulisan yang secara khusus difokuskan pada hal pendidikan.

Selain itu, jurnalistik juga bisa menjadi salah satu kompetensi dengan karier yang cukup menjanjikan jika didasarkan pada perkembangan media saat ini. Berdasarkan hal-hal di atas, maka dibentuklah ekstrakurikuler jurnalistik di SD Marsudirini.

 

TUJUAN

Kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SD Marsudirini memiliki tujuan yaitu

(1)  sebagai wadah untuk peserta didik mengekspresikan diri melalui suatu karya tertulis dan fotografi,

(2)   sebagai salah satu program ekstrakurikuler di sekolah.

Tujuan yang pertama dimaksudkan agar melalui karya tulis dan fotografi dapat mengekspresikan dirinya, menuangkan ide dan gagasannya ke dalam tulisan dan karya fotografi sehingga minat dan bakat siswa dalam menulis dan fotografi tersalurkan.

Tujuan yang kedua dimaksudkan bahwa setiap sekolah berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang diadakannya kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik.

Sehingga tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler ini, pada dasarnya lebih menekankan pada kompetisi, baik di tingkat sekolah maupun di luar sekolah (regional dan nasional). Kegiatan insidental ini sebagai ajang pengembangan diri sekaligus pencapaian prestasi sekolah. Oleh sebab itu, dengan mengikuti kompetisi tersebut, tentu saja kami membutuhkan persiapan-persiapan yang harus dilengkapi. Tujuannya sebenarnya yang paling penting adalah mempersiapkan mental peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik. Mendidik peserta didik untuk aktif, kreatif, dan inovatif bukanlah hal mudah, diperlukan latihan lebih intensif.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik adalah dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik ini, peserta didik dengan di dampingi guru Pembina mampu menghasilkan karya jurnalistik dan fotografi yang bisa dipublikasikan melalui media sekolah, contohnya melalui mading (majalah dinding), bulletin, majalah, dan media online. Dengan diterbitkan majalah dinding, bulletin, dan majalah sekolah dapat dikatakan hasil yang diharapkan dari program kerja bisa tercapai. Sehingga kontribusi dari kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik dapat menerbitkan majalah dinding, bulletin, majalah sekolah dan memberikan pengetahuan kepada peserta didik mengenai jurnalistik.

Tidak ada komentar: